Sabtu, 07 Mei 2011

Makna Taqwa dan Karakteristik Pemiliknya

Sering kali terdengar oleh telinga kita satu kata yang tidak lagi asing bagi kita, akan tetapi walaupun kita mendengarnya setiap jumat, banyak sekali di antara kita yang tidak memahami apa makna dan hakikat dari kata tersebut dan juga apa karekteristik atau ciri-ciri orang yang memilikinya. Taukah kita apakah kata tersebut?.
    ‘Taqwa’  itulah kata yang kita bicarakan dan juga kita telaah dalam kesempatan kali ini. Apa makna atau definisi ‘Taqwa’ dan apa karakteristik atau ciri-ciri orang bertaqwa, itulah yang akan kita ulas dalam kesempatan ini.
    Kata ‘Taqwa’ memiliki definisi umum sebagaimana yang ada di beberapa buku panduan islam, yaitu menjalalankan segala yang diperintaahkan Allah SWT dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah SWT. Itulah definisi ‘taqwa’ yang ma’ruf dan masyhur oleh telinga kita.
    Adapun apa saja karakteristik orang bertaqwa, dapat kita ketaui dalam beberapa ayat dalam al-quran. Sebagaimana yang tercantum dalam surat ali imron: 134-135,
الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (134) وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ (135)
    Pada dua ayat di atas dijelaskan ada 4 karakteristik orang bertaqwa yaitu,
    Pertama, Orang yang menginfaqkan hartanya baik dalam keadaan sempit maupun lapang.
Allah SWT telah memberikan kita nikmat yang begitu banyak salah satunya yaitu berupa materi(rizqi) , sebagai seorang muslim kita tau bahwa dalam materi(rizqi) yang diberikan Allah kepada kita terdapat hak orang-orang yang tidak mampu. Dan salah satu dari karakteristik orang yang bertaqwa adalah orang yang menginfaqkan hartanya baik dalam keadan sempit maupun lapang.
    Kedua, Orang yang menahan amarah.
Allah SWT menciptakan kita sebagai manusia dengan memiliki beberapa fitrah, salah satunya yaitu membutuhkan makhluq lain baik dari manusia maupun yang lain. Dan dalam berhubungan dengan orang lain kita harus mengetaui adab-adabnya, salah satunya yaitu dapat menahan amarah jika ada perbedaan atau perselisihan di antara kita, dan sifat ini juga termasuk dari sifat orang yang bertaqwa.
    Ketiga, Orang yang mudah memaafkan orang lain.
Sebagaimana yang telah kita jelaskan bahwa fitrah manusia salah satunya yaitu membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Selain dapat menahan amarah, sifat yang harus kita miliki dalam berinteraksi dengan orang lain yaitu mudh memaafkan orang lain, dan ini juga termasuk salah satu dari karakteristik orang yang bertaqwa.
    Keempat, Orang yang telah berbuat dzalim baik terhadap orang lain maupun terhadap dirinya sendiri, ia segera mengingat  Allah SWT dan memohan ampun atas dosa-dosanya dan juga tidak meneruskan apa yang ia lakukan tersebut.
Sifat ini juga termasuk dari karakteristik yang harus dimiliki orang yang bertaqwa.
        Itulah definisi kata ‘taqwa’, yang selama ini sering kita dengar akan tetapi kita tidak mengetahui maknanya. Dan telah kita jelaskan juga sebagian dari karakteristik orang yang bertaqwa, yang selama ini kita tidak mengetauinya. Wallahu a’lam bish showaab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar